DUKCAPIL dalam rangka rapat pemantapan penyelenggaraan pelayanan cakupan akta kelahiran anak usia 0 – 18 tahun, maka Dukcapil merupakan salah satu pintu pertama untuk melakukan rekapitulasi data tentang Dokumen Kependudukan dan Pencatatan Sipil  di Kabupaten Sanggau, terutama rekapitulasi data kepemilikan identitas penduduk yang berkaitan dengan proses Administrasi Kependudukan terutama Penduduk wajib AKTA CAPIL terutama AKTA LAHIR, Sehingga diharapkan dapat memberikan acuan bagi DINAS DUKCAPIL sebagai pemberi informasi dan data kependudukan dan pencatatan sipil sesuai data  kondisi kependudukan, yang meliputi kuantitas penduduk, kualitas penduduk, mobilitas penduduk, dan persebaran penduduk serta mensukseskan Masyarakat Tertib Administrasi Terutama AKTA LAHIR di Kabupaten Sanggau Tahun 2018

DARI REKAPITULASI DATA KEPENDUDUKAN terutama akta lahir usia 0 – 18 tahun TERSEBUT, dimana :
1. sistem entri sebelum ada program siak masih mengunakan manual.
2. masih banyak akta lahir yang belum ter-entri ke program siak, sehingga berdampak pada perolehan jumlah akta  kelahiran.

dan baru pada maret tahun 2015 program siak telah mulai digunakan, maka pada tahun 2015 kepemilikan akta lahir sebesar 11 % dan sejak program siak tahun 2015 sampai dengan maret 2018 kepemilikan akta usia 0 – 18 th sebesar 55.20%

LANGKAH-LANGKAH YANG DILAKUKAN DINAS DUKCAPIL KAB. SANGGAU DALAM UPAYA MEMPERCEPAT PEREKAMAN DAN KEPEMILIKAN DOKUMEN KEPENDUDUKAN :

MELAKUKAN SOSIALISASI KEBIJAKAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN

■ MOBILE ENTROLLMENT (PEREKAMAN LANGSUNG) OFF LINE UNTUK MEMPEROLEH KTP – EL

■ PEMUTAKHIRAN DATA BASE KARTU KELUARGA (KK) SIAK (KK YANG DIKELUARKAN OLEH DINAS DUKCAPIL)

■ PELAYANAN LANGSUNG / JEMPUT BOLA (PENGUMPULAN BERKAS) PEMBUATAN AKTA PENCATATAN SIPIL

■ PELAYANAN KERJASAMA DENGAN RUMAH SAKIT, PUSKESMAS DAN BIDANDALAM PEMBUATAN AKTA LAHIR 0 – 60 HARI

■ PELAYANAN KERJASAMA DENGAN SEKOLAH – SEKOLAH BAIK TK, SD, SMP, SMA DALAM PEMBUATAN AKTA LAHIR 0 – 18 TAHUN

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *